"SELAMAT DATANG DI 96.5 RAMALOKA FM SERANG "Sobat Anda Disegala Suasana"

Olahraga Saat Berpuasa - Ramaloka FM Serang
Artikel Terbaru :
/>
Home » » Olahraga Saat Berpuasa

Olahraga Saat Berpuasa

Berolahraga saat berpuasa? Mungkin terdengar melelahkan. Namun, tetap melakukan kegiatan olah tubuh ternyata memberikan berbagai manfaat baik. Berolahraga dapat mengubah cadangan energi atau lemak dalam tubuh menjadi glukosa. Yang akan mengusir rasa lesu, malas, dan mengantuk.

Seperti dilansir laman dailymuscle.com, baru-baru ini, pelatih olah tubuh profesional Mohd. Shazly Khan menyarankan untuk melakukan olahraga ringan setelah berbuka puasa. Ada baiknya mengisi perut dengan makanan ringan. 




Mengonsumsi makanan berat akan berakibat pada timbulnya rasa pusing dan mual. Khan juga menyarankan untuk menghindari konsumsi daging-dagingan sebelum melakukan olahraga.

Berolahraga dapat membakar lemak-lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Tidak hanya itu, berolahraga selama bulan Ramadan juga akan mempercepat proses pembentukan tubuh. Khan menyarankan mereka yang ingin membentuk tubuhnya untuk mengonsumsi minuman berprotein tinggi setelah berolahraga.

Ternyata, berolahraga selama bulan Ramadan memiliki berbagai manfaat. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk takut berolahraga selama bulan puasa.

Awali dengan olahraga ringan
Jika biasanya Anda melakukan olahraga semingg empat kali dalam seminggu. Maka pada bulan puasa ini sebaiknya kurangi menjadi dua kali dalam seminggu. Pada tahap awal penyesuaian sebaiknya melakukan olahraga ringan seperfi yoga dan jalan kaki. 

Terpenting adalah, jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang berat, seperti aerobik high impact atau lari, karena cara itu hanya akan membuat Anda kelelahan yang berlebih. Ingat, kebugaran tidak bisa didapatkan secara instan tapi dengan cara yang bertahap dan rutin. Jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah latihan dengan gerakan peregangan (stretching). Hal ini untuk menghindarkan Anda cedera atau nyeri otot setelah olahraga.

Kapan waktu yang pas?
Waktu paling tepat untuk berolahraga adalah setengah hingga satu jam sebelum berbuka puasa. Sebab pada waktu tersebut tidak perlu terlalu lama menunggu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh akibat keringat yang dikeluarkan tubuh sewaktu berolahraga.


 

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Apa Pendapat Sobat ?

Silahkan Sobat Ramaloka FM Berkomentar di sini..!

 
RAMALOKA FM : Jl. Mayor Syafe'i No. 66B, Serang Banten Tel: +62 254 203936
Copyright © 2011. Ramaloka FM Serang - All Rights Reserved